Ikuti ya… Seri Tulisan “Dari Perbendaharaan Lama” Buya Hamka

dari perbendaharaan lama“Membaca sejarah nenek moyang adalah suatu hal yang meninggalkan kesan yang mendalam di jiwa kita, apatah lagi jika kita membacanya dengan rasa cinta. Kian dia dibaca kian terbayanglah masa-masa yang lampau, dan masa lampau akan meninggalkan jejak yang dalam untuk menghadapi masa kini dan masa yang akan datang. Dalam sejarah, kita melihat betapa mereka itu, nenek moyang kita, telah menanamkan dasar bagi berdirinya pusaka suci yang kita perjuangkan saat ini.” Begitulah kata Buya Hamka dalam kata pengantarnya di buku Dari Perbendaharaan Lama.

Karya-karya Buya Hamka begitu renyah untuk di baca, bahasanya mengalir penuh sastra dan menyentuh hati, apalagi yang bertema sejarah seperti “Dari Perbendaharaan Lama”. Namun hal tersulit saat ini adalah menemukan karya-karya Buya Hamka tersebut, selain karena sudah lama, mungkin juga tidak ada lagi penerbit yang menerbitkan karya-karya beliau, atau ada tapi sangat minim dan tidak terpublikasi sehingga khalayak tidak tahu.

Saya mencoba-coba mencari tulisan karya Buya Hamka di internet terutama “Dari Perbendaharaan Lama” ini, selain dikirimkan teman, saya juga mencarinya sendiri siapa tahu ada yang sudah tersusun rapi. Dari yang dikirimkan teman saya Akh Kuncoro dari Hasanalbanna.com dan yang saya cari sendiri ternyata belum di temukan yang tersusun dengan rapi, membacanya menjadi agak sulit karena susunan kata yang sedikit berantakan dengan paragraf yang tidak tersusun rapi.

Maka dari itu, sesuai amanah yang diberikan oleh Hasanalbanna.com untuk saya, agar menyalin ulang  kembali karya Buya Hamka tersebut agar bisa lebih mudah dibaca dan kemudian diterbitkan secara berseri di Hasanalbanna.com. Maka Saya salin ulanglah karya tersebut tanpa mengurangi isi dan maknanya sedikitpun. Dan Alhamdulillah tulisan tersebut telah terbit 18 seri yang diterbitkan setiap tanggal 13 dan 28 setiap bulannya.

So, Bagi teman-teman yang ingin membaca dan menikmati sejarah Indonesia dari goresan tangan sang maestro Buya Hamka dalam keryanya yang fenomenal “Dari Perbendaharaan Lama” bisa membacanya di Hasanalbanna.com atau bisa juga di blog saya ini…

Saya berharap semoga kisah perjuangan zaman lampau akan bertumbuh dalam jiwa saudara, atau saudara tumbuh di tengah-tengah mereka. Itulah modal kita untuk menghadapi masa kini dan yang akan datang. (Buya Hamka)

Selamat menikmati, jangan ketinggalan ya serinya…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s