Mengapresiasi Kehidupan

Ternyata dalam hidup ini, tidak semua kita yang mampu mengapresiasi kehidupan dengan baik. Tidak semua kita bisa tersentuh dengan problematika kehidupan yang ada di depan mata, Seperti kezhaliman, kepapaan, dan kenestapaan yang menyayat jiwa. Kita pun tak kalah kurang apresiasinya dengan keadaan yang lain. Kita sering menghujat para koruptor, menghina orang-orang yang membuat kerusakan, tapi jiwa kita tak kalah buruknya dari mereka.

Siapa di antara kita yang hari ini sudah mulai hidup bersih tanpa sedikitpun ada unsur korupsi, kolusi dan nepotisme?

Siapa yang di antara kita sudah membiasakan kebersihan lingkugannya, menjaga kebersihan rumah, dan membuang sampah pada tempatnya?

Siapa di antara kita yang selalu tersentuh hatinya melihat kepapaan orang-orang yang lemah dan memberikan bantuan kepadanya apa yang bisa kita bantu?

Siapa di antara kita yang sudah mulai benar-benar memperbaiki dirinya untuk menjadi lebih baik lagi, lalu peduli dengan perbaikan bangsa ini, bukan malah terbawa arus media yang membuyarkan optimisme lalu tertawa melihat bangsa kita terjungkal?

Ternyata mengapresiasi kehidupan bukanlah pekerjaan yang mudah, ia butuh jiwa-jiwa yang lembut. Tanpa kelembutan jiwa akan sulitlah seseorang mengapresiasi kehidupan di sekelilingnya. Karena kelembutan jiwa akar dari kepekaan itu.

Sepertinya hari ini kita harus banyak membaca-bacaan yang dapat melembutkan jiwa, seperti puisi dan bacaan-bacaan yang bernilai sastra (Al-Qur’an, Novel, Kumpulan Syair, dan kitap-kitab yang berisikan hikmah).

Semoga kita menjadi orang yang semakin mengapresiasi kehidupan ini dan peduli terhadap sesama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s