Ngomong-ngomong Soal Kemerdekaan RI

Alhamdulillah, kemarin kita dapat merayakan Kemerdekaan RI yang ke-67, suatu usia kemerdekaan yang sudah tidak muda lagi.

Ngomong-ngomong soal kemerdekaan, teman tahu gak negara mana yang pertama kali mengakui kemerdekaan negara kita?

“MESIR”

Tepat sekali sobat, ya Mesir, dalam buku sejarah kita bisa temukan itu bahwa negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan kita adalah “Mesir”. Tapi tentu tidak lansung begitu saja Mesir mengakui kemerdekaan Negara kita tanpa ada yang mempromotori dan membantu untuk melobi pemerintahan Mesir.

Kalau kita melihat-lihat dokumentasi dari sejarah dan melihatnya dengan teliti, ternyata yang sangat berperan dalam membantu mendapatkan pengakuan kemerdekaan Indonesia dari pemerintahan Mesir adalah Ikhwanul Muslimin yang merupakan salah satu organisasi masyarakat Islam yang paling berpengaruh di negara tersebut. Karena pengaruhnya yang tinggi itulah kenapa para utusan negara kita menemui Ikhwanul Muslimin, ditambah lagi pimpinannya “Imam Hasan Al Banna” merupakan tokoh karismatik dan berpengaruh pada negara tersebut.

selain Ikhwanul Muslimn, Palestina melalui muftinya juga membantu negara kita untuk mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari negara-negara di dunia terutama Mesir. Bahkan rakyat Palestina juga ikut mengumpulkan harta untuk biaya kemerdekaan kita. yuk lihat lagi dokumentasinya dibawah ini.

Selain lobi-lobi, bentuk peranan lain yang diberikan oleh Ikhwanul Muslimin adalah bergabung dengan Panitia Pembela Indonesia yang dibentuk saat itu di Kairo.  Tugas PPI adalah mendorong isu kemerdekaan Indonesia di dunia International. Selain itu Ikhwanul Muslimin dan masyarakat Mesir juga aktif berdemo untuk menarik simpati dunia, serta melakukan boykot serta menghalau kapal-kapal belanda yang melalui Terusan Suez terutama pada saat Indonesia berperang kembali menghalau belanda pasca kemerdekaan.

Proklamator kita, Bung Hatta mengatakan: “Kemenangan diplomasi Indonesia dimulai dari Kairo. Karena, dengan pengakuan mesir dan negara- negara Arab lainnya terhadap Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat penuh, segala jalan tertutup bagi Belanda untuk surut kembali atau memungkiri janji, sebagai selalu dilakukannya di masa-masa yang lampau.”

Jadi saya itulah sekilas yang menurut saya yang perlu kita ketahui mengenai kemerdekaan negara Indonesia saja. Agar kita mengetahui bahwa ada peran dari negara-negara lain. Jadi nanti jika ada yang minta bantuan, kita tidak jadi sombong dan lupa diri dan merasa punya masalah berat sendiri di negara. Palestina saja yang belum merdeka justru membantu negara kita mendapatkan pengakuan dari dunia International.

Sekian dulu ya ngomong-ngomong soal kemerdekaan RI-nya….🙂

4 thoughts on “Ngomong-ngomong Soal Kemerdekaan RI

  1. Negara Vatikan adalah negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia dan Vatikan merupakan negara yang memiliki pengaruh besar terhadap arah politik dunia khususnya bagi negara-negara sekutu seperti Amerika dan Inggris. Namun beberapa sejarahwan Indonesia mengklaim Mesir dan Palestina sebagai negara pertama, mana yang benar?

    Cara termudah adalah melihat kapan berdirinya negara2 tersebut dengan hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945). Mesir walaupun dilepas sejak tahun 1922 oleh Britania Raya, namun karena sengitnya pergolakan politik dan sistem pemerintahan, maka Mesir baru dideklarasikan sebagai negara republik pada tahun 1953, sedangkan Palestina terlibat perseteruan yang masih berlangsung sampai saat ini dan baru memproklamirkan kemerdekaannya pada 15 November 1988. Vatican menjadi negara terkecil di dunia yang berdiri secara independen dan absolut sejak 11 Februari 1929.

    Lebih lanjut kita saksikan saja film “Soegija”, sebuah film sejarah yang menampilkan peran aktif seorang pahlawan Nasional dalam berjuang secara diplomasi, meng-gaung-kan. kemerdekaan Indonesia di kancah politik dunia (silakan cari versi lengkapnya, krn banyak yang disensor). Dari beberapa literatur ada juga yang menyebutkan Vatikan adalah negara pertama yang pertama kali mengakui kemerdekaan RI dan hal ini tidak lepas dari perjuangan pahlawan nasional Monsinyur (Mgr.) Albertus Soegijapranata.

  2. Ada bukti otentik sejarahnya g’? berupa foto gitu.., karena secara formal para utusan Indonesia hanya mengunjungi timur tengah utk melobi Mesir utk mengakui kemerdekaan Indonesia. Maka jadilah Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

  3. Jangan asal ngomonglah. Buktiin kalo Vatikan emang yang pertama kali mengakui kdaualutan Indonesia. Apa buktinya? Film gak bisa bro sebagai dasar lo bilang kalo Vatikan yang pertama kali! Sejarah harus ada fakta! Ya faktanya delegasi Indoensia dikirim pertama kali ke negara Timur Tengah. Kalo vatikan? SIAPA YANG DIKIRIM KE VATIKAN? Ngoming kok kaya buang sampah aja, sembarangan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s