KUpAs TUntAs DAkwAh KAmpus

Mari Berbicara Mengenai Dakwah Kampus

Dakwah kampus mempunyai ciri khasnya sendiri, untuk dapat menjalankannya dengan baik maka kita perlu mengupasnya dan mengenalnya terlebih dahulu, maka berilmulah dulu sebelum beramal.

Apa yang tersirat dalam benak anda ketika berbicara mengenai dakwah kampus?

Berbicara mengenail dakwah kampus, maka definisinya tidak jauh berbeda dengan defenisi dakwah pada umumnya, yaitu kita menyeru manusia kepada jalan Allah swt, lalu taat kepada-Nya, teguh dalam ikatan-Nya, meninggalkan semua larangan-Nya agar semua manusia keluar dari kegelapan tujuan hidup menuju cahaya Islam. Inilah intinya.

Namun dakwah kampus tidak hanya sekedar menyeru para manusianya untuk taat kepada Allah swt, tapi juga mendidik mereka menjadi seorang Inspirator Islam yang penuh keteladanan, berka’faah dalam agama dan bidang profesionalnya masing-masing. Disini kita hendak menciptakan para intelektual yang shalih lagi muslih, mampu menshalihkan orang dan juga mampu menyelesaikan permasalah di tengah masyarakat.

Jika ia adalah seorang anak dari jurusan Ekonomi, maka kelak ia menjadi seorang ekonom yang handal, yang menjauhi praktek riba, dan menunjukkan kehebatan ekonomi Islam yang mempu menyelesaikan perekonomian masyarakat, baik di negaranya, maupun di tingkat International. Jika dia seorang dari jurusan hukum, maka ia menjadi seorang ahli hukum yang jujur, memutuskan perkara secara adil dan tidak gampang disogok dan menyogok bahkan korup. Jika ia seorang dari jurusan perguruan, maka kelak ia akan menjadi guru yang mampu mengajar dengan baik, tidak sekedar mengajarkan teori namun juga mengajarkan kebaikan kepada anak didiknya, ia tahu bagaimana seharusnya mengajar anak-anak dan para remaja, sehingga terciptanya generasi yang unggul, cerdas dan bermoral, taat kepada Allah swt dan menjadikan Rasulullah saw. sebagai teladan dalam hidupnya.

Apalagi jika para intelektual tersebut menjadi pemimpin di tengah masyarakat. Menjadi wakil rakyat bahkan pemimpin Negara. Jika yang memimpinnya itu ialah orang yang takut kepada Allah swt, berakhlak mulia, cerdas dan komitmen dengan amanahnya, tentu akan banyak kemaslahatan yang akan lahir dari tangan untuk bangsa ini bahkan dunia. Untuk mengelola bumi Allah ini, kita butuh orang-orang yang amanah. Kita tentu rindu akan hal ini, bahkan begitu mendambakannya.

Berbicara mengenai dakwah kampus, maka begitu banyak yang akan kita bicarakan, mulai dari perbaikan akhlak sampai masalah prestasi di akademik.

Di dalam dakwah kampus kita juga akan berbicara beragam kegiatan-kegiatan yang konstruktif, inovatif, berpengaruh dan membawa perubahan.

Namun dalam mengelola dakwah kampus ini, jangan sampai kita lupa akan ke-asholahan dakwahnya. Lembaga dakwah hanyalah sarana, tujuan kita adalah mengajak orang kepada penghambaan yang total kepada Allah swt, menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya, Rasul sebagai teladannya, bersungguh-sungguh dalam memperbaiki diri dan menegakan kebaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s