Syura – Singkat & Penting Untuk Diketahui!

Ustadz Zulfi Akmal berkata mengenai Syuro dalam dakwah:

Syura itu bukanlah memaksa orang untuk menerima apa yang kita inginkan.

Syura itu bukanlah berarti semua peserta syura sepakat terhadap suatu masalah tanpa adanya perdebatan dalam proses mencapai mufakat.

Peserta syura dan semua yang terkait dengan syura harus tunduk dengan keputusan syura, sekalipun dalam proses mencapai mufakat dia termasuk orang yang tidak setuju dengan keputusan yang akan diambil.

Peserta syura yang mendebat atau tidak setuju dengan pendapat kebanyakan peserta syura waktu proses mencapai mufakat bukanlah dinamakan penentang, apalagi keluar dari jama’ah. Justru itu menunjukkan syura yang sehat, karena peserta syuranya tidak seperti paduan suara atau anak TK yang lagi main tepuk ame-ame.

Orang yang tidak mau menerima keputusan syura yang sudah disepakati dan tokok palu sekalipun melalui voting, itu baru disebut menentang atau tidak sejalan dengan suara jama’ah.

Orang yang tidak memahami hal ini tidak akan bisa serta tidak pantas hidup dalam suatu jama’ah/organisasi. Silahkan menyingkir, cari jama’ah lain atau bikin organisasi sendiri yang anggotanya terdiri dari orang-orang bodoh atau mau diatur tanpa syura.

Hal ini merupakan perkara yang sudah “musallam” dalam jama’ah kita.

Semoga Semua Kader Dakwah dapat memahami konsep ini. Bahwa dengan syuro, jalannya dakwah jauh lebih baik ketimbang memperturutkan atau memaksakan pendapat pribadi.

Selain itu Karena syuro juga merupakan syari’at yang diperintahkan oleh Allah swt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s