Tentang Gerakan #IndonesiaTanpaJIL (Sebuah Pengantar)

Ada banyak teman-teman yang ternyata belum memahami apa itu gerakan #IndonesiaTanpaJIL, dan mengapa gerakan ini ada, dan apa misinya. Ini disebabkan karena mereka ada yang belum mengetahui apa itu JIL (Jaringan Islam Liberal) sehingga ketika melihat kaos #IndonesiaTanpaJIL atau selebarannya pada kaget, ini apaan ya? Namun ada juga yang sudah mengetahui apa itu JIL, hanya saja belum mengetahui bagaimana kesesatan JIL dan dampak buruk pemikirannya tehadap keyakinan umat Islam di Indonesia.

berikut ini saya postingkan sebuah pengantar dari gerakan #IndonesiaTanpaJIL, dan untuk mengetahui kegiatannya bisa ikuti di komunitas facebook: #IndonesiaTanpaJIL, dan Twitet: @TanpaJIL.

Melalui jejaringan sosial ini teman-teman bisa banyak mendapatkan info mengenai kesesatan JIL, baik melalui tulisan, gambar, bahkan video.

JIka masih belum puas, dan pengen nambah ilmu lebih banyak lagi, bisa dibaca pada buku Ustadz Adian Husaini dan Ustadz Akmal Sjafril.

oiya lupa, ini dia pengantar gerakan #IndonesiaTanpaJIL yang saya kutip dari roup facebook #IndonesiaTanpaJIL

Gerakan ini berawal dari sebuah hashtag #IndonesiaTanpaJIL di Twitter yang cukup fenomenal. Mengapa kami katakan fenomenal, karena dari hashtag itu kita melihat bahwa yang kontra dengan pemahaman yang dipopulerkan oleh Jaringan Islam Liberal (JIL) sangat variatif. Dari mulai aktivis dakwah sampai anak-anak muda yang masih dalam tahap belajar bahkan ‘begajulan’ ikut menyuarakan penolakannya terhadap JIL.

Mengapa menggunakan artwork

Artwork atau karya seni. Artwork disini bisa dalam bentuk grafis/foto atau bahkan video. Kami menganggap inilah salah satu media yang bisa menjadi penyampai pesan yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Dan jangan kita lupa bahwa awal terbentuk JIL mulanya adalah dari pertemuan para seniman sastra, teater, musik, film, dan seni rupa. Sehingga dalam menyebarkan pemikiran nyelenehnya mereka sangat fasih karena menggunakan media seni yang mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Media artwork adalah media yang pas untuk menyalurkan emosi dan harus kita akui masih ada beberapa disini yang masih belum bisa menyalurkan nya dengan pemikiran. Silahkan dilihat perjalanan status page ini, kita bikin status nya A tapi komennya justru malah caci maki dan hujatan dan ngga ada hubungannya dengan isi status🙂.

Oleh karena itu artwork kami jadikan sebagai ‘pelampiasan’, tentu dengan cara yang cerdas bukan caci maki personal2 JIL. Kita harus mulai bisa memahami cara kerja mereka, pernahkah anda melihat/mendengar mereka mencaci fisik ulama yang lurus ? Yang mereka kritik selalu pemikiran/pendapat sang ulama tsb. Sementara sebagian dari kita justru sebaliknya. Jujur, ini cukup ironis bagi kami. Pemikiran harus dilawan dengan pemikiran bukan dengan sekedar hujatan dan caci maki.

Semoga bisa dipahami bahwa ini bagian dari proses pembelajaran kita semua untuk pada akhirnya nanti bisa mematahkan serangan pemikiran mereka dengan pemikiran pula. Bukan dengan caci maki personal apalagi fisik.

Mau kaos keren #IndonesiaTanpaJIL, bisa klik ke sini

2 thoughts on “Tentang Gerakan #IndonesiaTanpaJIL (Sebuah Pengantar)

  1. Foto-nya itu aksi kpn ya Mas…
    Eh, besok Jum’at 30 Mar 2012 ada aksi sejuta umat “Indonesia Damai Tanpa Liberal” di HI lho…
    Semoga kita selamat dari Lib…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s