Insinyur..

Picture pilihanpasti.blogspot.com

Baru-baru ini terfikir oleh saya, kenapa ya gelar “Ir.” untuk Sarjana Teknik diganti dengan “ST”? Padahal gelar Insinyur atau yang disingkat “Ir” itu kan keren juga. Coba bayangkan jika seandainya saya lulus S1 Teknik Arsitektur, maka gelar saya Ir. Doni Noviardi. Wuiihh keren bukan?? lebih berisi dan lebih dipandang kayaknya kalau pakai gelar Insyinyur, hehehešŸ˜€ (Seperti orang tidak ridho saja saya gelar “Ir.” diganti).

Menurut wikipedia, “Insyinyur adalah orang yang bekerja pada bidang teknik, dengan kata lain orang-orang yang menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menyelesaikan masalah praktis menggunakan teknologi.”

Lalu kenapa gelar Insinyur dihapuskan ya??

Saya kembali bertanya dan mencoba-coba menganalisa dan akhirnya mendapatkan jawaban tebak-tebakan saja.

Mungkin gelar insinyur dihapus lantaran tidak pantas disandang oleh para Mahasiswa lulusan teknik saat ini karena tidak menguasai keahlian profesinya yang digelutinya selama 4 atau 6 tahun di kampus, tidak seperti yang dulu. Sepertinya tebak-tebakan saya sedikit tepat, karena juga sesuai kenyataan, ada banyak mahasiswa yang telah di wisuda tidak jelas kemampuannya pada bidang keahliannya. Saya yakin para pembaca juga merasakannya. Benarkan? hehehešŸ˜€ . Yang telah diwisuda dan tidak menguasai kemampuan keahliannya jangan marah ya..šŸ™‚

Tapi yang pastinya gelar “Insinyur” diganti bukan gara-gara itu. Tapi yang jelas adalah bagaimana kita yang sedang menjadi mahasiswa saat ini bisa lulus S1 dengan menguasai beberapa kemampuan keahlian atau minimal 1 keahlian di bidang kita masing-masing. Misalnya Mahasiswa Arsitektur, ketika di wisuda nanti yang sudah bisa merancang bangunan dan memahami mengenai seluk beluk bangunan berikut detailnya dalam bentuk gambar yang dibuatnya dalam CAD. Apa kata dunia jika Mahasiswa Arsitektur yang telah di wisuda tidak memahami tentang “Struktur”?? terlebih-lebih struktur bangunan rendah.

So, mari lebih memikirkan penguasaan atas suatu ilmu yang sedang kita geluti. Jangan hanya sekedar cari gelar saja saat kuliah. gak ada gunanya gelar jika orang yang menyandangnya tak berisi.

SekianšŸ™‚

One thought on “Insinyur..

  1. Tolong bantu sebarkan ya, mungkin banyak di antara kita yang belum tahu. salam Indonesia jaya,

    Sumber : http://ngada.org/uu11-2014.htm

    UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 11 TAHUN 2014
    TENTANG
    KEINSINYURAN

    BAB V
    PROGRAM PROFESI INSINYUR

    Pasal 7
    (1)Untuk memperoleh gelar profesi Insinyur, seseorang harus lulus dari Program Profesi Insinyur.
    (2)Syarat untuk dapat mengikuti Program Profesi Insinyur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
    a.sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik, baik lulusan perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri yang telah disetarakan; atau
    b.sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik melalui program penyetaraan.
    (3)Program Profesi Insinyur dapat diselenggarakan melalui mekanisme rekognisi pembelajaran lampau.

    Pasal 8
    (1)Program Profesi Insinyur diselenggarakan oleh perguruan tinggi bekerja sama dengan kementerian terkait, PII, dan kalangan industri dengan mengikuti standar Program Profesi Insinyur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4).
    (2)Seseorang yang telah memenuhi standar Program Profesi Insinyur, baik melalui program profesi maupun melalui mekanisme rekognisi pembelajaran lampau, serta lulus Program Profesi Insinyur berhak mendapatkan sertifikat profesi Insinyur dan dicatat oleh PII.
    (3)Ketentuan lebih lanjut mengenai Program Profesi Insinyur diatur dalam Peraturan Pemerintah.

    Pasal 9
    (1)Gelar profesi Insinyur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) disingkat dengan Ir. dan dicantumkan di depan nama yang berhak menyandangnya.
    (2)Gelar profesi Insinyur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh perguruan tinggi penyelenggara Program Profesi Insinyur yang bekerja sama dengan kementerian terkait dan PII.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s