Hati Mengeras Setiap Kita Melakukan Dosa

Dosa akan membuat hati kita semakin keras, bahkan lebih keras dari batu.

“Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras.” (QS. Al-Baqarah: 74)

Dosa hanya akan menambah bintik hitam pada kebeningan hati. Semakin banyak dosa yang kita dilakukan maka akan semakin kelam hati kita karena tertutup oleh bintik hitam dosa.

“Seorang mukmin jika berbuat satu dosa, maka ternodalah hatinya dengan senoktah warna hitam. Jika dia bertobat dan beristigfar, hatinya akan kembali putih bersih. Jika ditambah dengan dosa lain, noktah hitam itu pun bertambah hingga menutupi hatinya. Itulah karat yang disebut-sebut Allah dalam ayat, “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka.” (HR. Tarmidzi)

Jika sudah demikian maka kita tidak akan dapat lagi merasakan nikmatnya beribadah kepada Allah. Dan kerasnya hati juga akan menurunkan semangat berislam. Dan pastinya hati yang keras lagi kelam akan mendorong kita untuk menjauh dari nasehat agama dan orang-orang shaleh. Dan setelah itu hati kita pun cenderung kepada hal-hal yang berbau maksiat, mengumbar syahwat, kesenangan dunia, dan perbuatan yang sia-sia.

“Dan sekiranya Kami menghendaki niscaya Kami tinggikan (derajat) nya dengan (ayat-ayat) itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan mengikuti keinginannya (yang rendah)” (Al-A’araf: 176)

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka gembira dengan apa yang telah diberikan kepadanya, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” (QS. Al-An’aam: 44)

Maka dari itu mari kita memohon kepada Allah, ampunan atas segala dosa-dosa kita dan dilindungi dari keinginan berbuat dosa yang dapat mengeraskan hati dan menutup kebeningannya dan membimbing kita kepada kehidupan yang lurus.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s