Spy Files “Ketika Data-data Pribadi Kita Diperjualbelikan Secara Rahasia”

Picture: Republika.co.id

Apa pentingnya bagi kita untuk mengetahui hal ini dan berhati-hati dalam hal ini? Penting bagi orang yang menganggap penting dan tidak penting bagi yang tidak menganggap penting

Jika membongkar sebuah rahasia untuk kebenaran adalah perbuatan yang mulia. Tapi bagaimana jika membongkar rahasia untuk melakukan  sebuah kejahatan, untuk sebuah kecurigaan yang tidak pada tempatnya?

Entah apa yang dipikirkan oleh beberapa kalangan yang terkait akan jual-beli data ini, melakukan “pengamanan dunia” (benarkah??) dengan memperjualbelikan data orang lain. Tentu ini bukanlah perbuatan yang mulia. Bayangkan saja data-data pribadi kita pada surel elektronik diperjualbelikan untuk kepentingan segelintir orang yang tak jelas obsesinya.

Dalam bocoran terbaru WikiLeaks memberitahukan bahwa semenjak runtuhnya gedung WTC 11 September 2003 perdagangan gelap data ini mulai digelar pada industri rahasia yang disebut proyeks “Spy files”. Hal ini tentu berbeda dengan WikiLeaks yang secara terang-terangan membocorkan data penting dunia, tapi tidak semua tindakan WikiLeaks ini yang saya setujui.

Dalam laporan tersebut Assange mengatakan, “Siapa yang pakai iPhone? Siapa punya BlackBerry? Siapa yang buka email lewat Gmail? Saudara-saudara, Anda mati kutu.”

Wah..sungguh tidak enak jika data pribadi kita dibongkar dan diperjualbelikan. Ini ibarat  seseorang membongkar lemari kamar kita tanpa izin atau masuk rumah dan kamar kita tanpa izin lalu memeriksa semuanya untuk mencari sesuatu yang dia inginkan.

Bagi yang tidak memiliki data penting tentu tidak masalah.  Meski begitu bijaklah dalam membagi pesan dan data saudaraku, terlebih-lebih jika menggunakan tiga produk di atas. Lakukanlah hal-hal baik di internet. Jika tidak, berarti aib anda sedang diperjualbelikan saat ini.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s