Agar Perjalanan Dakwah Kita Penuh Gairah..

Agar kita bersemangat dalam mengerjakan tugas dakwah, maka Allah swt. memberikan kita reward berupa pahala yang besar, kehidupan di surga dan dapat melihat Allah swt. selain reward di akhirat tentu Allah juga memberikan kita reward yang banyak di dunia dalam berbagai macam atau bentuk, yang terkadang reward itu tidak kita sadari sehingga kita pun lupa untuk bersyukur kepada Allah swt.

Namun sejatinya imbalan utama yang diberikan Allah swt. bukanlah berupa materi, tapi imbalan yang bersifat Abstrak, seperti pahala, surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, atau bertemu dengan Allah kelak. Ini adalah suatu imbalan atau hadiah yang tidak bisa kita manusia rasakan, bahkan juga tak bisa membayangkannya. Iya begitu abstrak. Hanya kedekatan kepada Allah lah yang membuat kita yakin akan semua janji-janji Allah itu sehingga kita tetap bergairah melaksanakan tugas-tugas dakwah Ilallah.

Saudaraku, tentu reward yang dijanjikan Allah kepada kita belum tentu bisa membuat kita bergairah terus-menerus di jalan dakwah. Perjalanan dakwah yang berat terkadang dapat membuat kita lupa akan tujuan hidup sejati kita. Debu-debu liar yang menempel di tubuh kita dan berterbangan ke arah mata kita perlahan merabunkan pandangan mata kita. Jika seandainya kita tidak membersihkannya setiap hari, bahkan detik tentu kita akan benar-benar menjadi buta, apalagi jika debu-debu tersebut mempu menerobos ke dalam hati sehingga perlahan menutupi hati kita.

Maka dari itu ada tiga hal yang harus senantiasa kita lakukan agar tetap bergairah di jalan dakwah, agar pandangan dan sikap kita terus lurus di jalan dakwah:

Pertama, Senantiasa memperbaharui niat kita.

Niat yang salah akan melahirkan hasil yang salah juga, karena niat itu adalah tujuan. Jika kita mengharapkan selain Allah di jalan dakwah ini tentu kita akan mendapati apa yang kita inginkan itu, seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah saw. bahwa kita akan mendapati apa yang kita niatkan.

Niat yang tulus karena Allah akan melahirkan keikhlasan dan kelurusan sikap. Ini tentu akan berpengaruh pada dirinya dalam melakukan tugas dakwah. Ketika datang suatu permasalahan yang mengguncang sisi kemanusiaanya di jalan dakwah maka ia tidak lekas panik, terguncang, gelisah, dan marah membabi buta. Ia akan bersabar dan menganggap itu bukanlah permasalahan besar karena begitu yakin kepada Allah swt akan pertolongan-Nya, dan ia pun begitu yakin bahwa Allah tidaklah menguji seorang hamba melainkan pada batas kemampuannya, dan ia begitu yakin bahwa ini adalah ujian kenaikan iman, maka dengan niat yang lurus itu bertambah dekatlah ia kepada Allah swt.

Kedua, Senantiasa meningkatkan kedekatan kepada Allah swt.

Modal utama seorang da’i di jalan dakwah adalah kedekatan kepada Allah swt. karena inilah yang akan membuatnya kuat bertahan dan bergairah di jalan dakwah.

Aktivitas kita yang sebuk jangan sampai membuat kita lengah dan lalai dalam mendekatkan diri kepada Allah swt. Jika itu terjadi maka ini akan memberikan kekosongan ruhiyah secara perlahan dalam kehidupan kita.

Ketiga, Senantiasa meningkatan pemahaman

Mungkin kita sudah paham suatu hal dalam perkara agama, namun terkadang kita ini sering alpa atau lupa. Maka usaha untuk selalu senantiasa meningkatkan dan mengulang-ngulang pemahaman adalah suatu yang sangat membantu untuk tetap bergairah di jalan dakwah, karena melalui pehaman tersebut Allah memberikan kedewasaan berfikir kepada kita.

Dengan pemahaman yang bagus seorang dai tentu akan lebih mudah dalam menyelesaikan setiap persoalannya, memberikan solusi bagi kehidupan dan dakwahnya di muka bumi ini. demikianlah Allah meninggikan orang-orang yang berilmu beberapa derajat.

Allah swt berfirman,

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang berilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

Rasulullah saw. bersabda,

“Orag yang diinginkan baik oleh Allah akan dia pahamkan agama-NYa” (HR. Bukhari & Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s