Lima Puluh Tujuh Veto Amerika Menentang Dunia Arab

Terlepas dari sikap kami terhadap keinginan Presiden Palestina, Mahmud Abbas yang mengajukan kemerdekaan Palestina ke PBB, akan tetapi yang lebih penting untuk dikritisi adalah adanya hak veto yang hanya dimiliki oleh beberapa negara tertentu, yang nota bene digunakan untuk menolak Keputusan-Keputusan yang dikeluarkan untuk memperjuangkan Hak Palestina Merdeka di PBB.

Semenjak PBB didirikan tahun 1945, negara Rusia –dahulu Soviet- menggunakan 12 kali hak veto, Cina 5 kali, Inggris 32 kali, Prancis 18 kali, berbeda dengan Amerika, dia menggunakan 87 kali hak veto.

Dalam banyak kesempatan negara Amerika satu-satunya yang mem-veto kepentingan dunia Arab, padahal negara-negara yang punya hak veto lainnya berseberangan dengannya.

Dunia Arab, terutama negara Palestina menjadi korban pertama dari penggunakan hak veto ini, di mana Amerika menggunakan hak ini menentang keputusan-keputusan formal yang sudah dikeluarkan untuk kebaikan permasalahan Palestina dan selalu membela Zionis Israel, lebih dari 60 kali semenjak didirikannya PBB. Yang menjadikan terkendalanya pelaksanaan keputusan-keputusan legal negara-negara khusus dalam mengurai problem, dan menyelesaikan pertarungan Arab-Zionis Israel.

Kenapa demikian? Di samping karena para pegawai di PBB, terutama pemegang kebijakan itu dari pihak mereka. Demikian juga karena keberadaan kantor PBB di wilayah Amerika Serikat, yang menyebabkan mereka mudah mengadakan komunikasi dan koordinasi bersama semua pihak-pihak dari berbagai negara.

Dikarenakan juga adanya larangan masuk para diplomat  asing ke negeri Paman syam itu, untuk menghadiri pertemuan-pertemuan anggota PBB. Ini menjadi bukti nyata adanya hegemoni yang sangat kuat dari negara ini di tubuh sPBB.

Sehingga perlu ada upaya serius untuk mereformasi organisasi perserikatan bangsa-bangsa ini!!. [io]

Sumber: Al-Ikhwan.Net

One thought on “Lima Puluh Tujuh Veto Amerika Menentang Dunia Arab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s