Lembaga Dakwah Kampus = Perhimpunan Akhlak Mulia

Mungkin ada sebahagian kita yang lupa bahwa lembaga dakwah kampus yang biasa kita singkat dengan LDK, bukanlah hanya lembaga tempat kita belajar ilmu agama saja, bukan hanya tempat kita menambah pemhaman agama saja, tetapi LDK juga merupakan tempat kita memperbaiki akhlak kita yang buruk menjadi akhlak yang mulia, maka tak pelak jika LDK juga disebut sebagai Perhimpunan Akhlak Mulia karena semua pengurus dan anggotanya dituntut untuk berakhlak mulia.

Hal yang paling membuat dakwah bisa diterima banyak orang adalah kemulian akhlak da’inya, bukan kehebatan dalam beribadah. Toh, ada banyak orang yang hebat dan kuat dalam beribadah tapi membuat orang takut mendekat kepadanya, dikarenakan akhlaknya yang kurang bagus, suka memfonis orang, tidak berhikmah dalam menasehati dan sebagainya. Tapi jika seorang kader dakwah yang bagus akhlaknya tidak pula rajin beribadah, tentu ini juga salah, karena LDK tempat kita belajar menjalankan keislaman kita secara syumul (sempurna/menyeluruh) bukan dikatomis.

Jadi bumbu dasar yang diajarkan oleh Rasulullah saw agar dakwah ini menjadi besar, berkembang pesat dan pengaruh adalah akhlak yang mulia. Dan tidaklah tegak Islam ini kecuali dengan akhlak yang mulia. Dan Rasulullah saw adalah yang paling bagus akhlaknya diantara umat manusia. Karena akhlak Rasulullah sendiri adalah Al-Qur’an sebagaimana yang disampaikan Ibunda Aisyah ra. kepada kita.

Wahai aktivis dakwah, mari senantiasa memperbagus akhlak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s