Jika Begitu, PBB Sebaiknya Dibubarkan Saja!

Picture from: http://www.pdk.or.id/

Seperti berita yang saya baca di Hidayatullah.com, bahwa Perdana Mentri Recep Tayyip Erdogan berkata, “Lima negara anggota Dewan Keamanan PBB menentukan nasib 188 anggota lainnya. PBB tidak bisa memberikan keadilan dengan sistem yang sekarang ini.”

Apa yang dikatakan Mr. Erdogan, bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. semua kita pasti mengetahui ini. hanya saja terkadang kita kurang teliti dalam memahami ini, atau mungkin masa bodoh dengan kecurangan yang ada di PBB. Bisa dibayangkan nasib Negara di dunia hanya ditentukan oleh 5 Negara pemilik Hak Veto, yaitu: Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, dan China. Jika satu saja yang tidak setuju itu sudah cukup menggagalkan sebuah keputusan besar dan penting.

Kita tentu tahu, dan ini bukan rahasia umum lagi, bahwa PBB didirikan untuk kepentingan mereka berlima saja, bukan untuk kepentingan dan kemaslahatan banyak Negara di dunia.

Kita semua pasti mengetahui bahwa PBB tidak pernah menyelesaikan banyak permasalahan di dunia. Banyak keputusan-keputusan penting PBB controversial, contohnya tidak menghukum Israel atas kejahatn perang dan kepemilikan senjata nuklir, tapi malah menghukum Irak karena isu senjata pemusnah missal yang tak pernah ada. Menghancurkan Afganistan hanya gara-gara isu terorisme yang tak pernah jelas. Mengembargo Iran hanya gara-gara melakukan pengayaan uranium untuk pembangkit tenaga nuklir.

Apalah lagi masalah Palestina. Negara seperti Amerika Serikat yang mengatakan menjunjung HAM adalah Negara pertama dan paling keras terhadap penolakkannya terhadap berdirinya negara Palestina merdeka. Bahkan mengancam untuk melakukan hak veto.

PBB saat ini tidak bisa berbuat apa-apa selain hanya menjadi boneka. Ban-Kimoon, Sekjend PBB bisa kita katakan sebagai budak saja di sana. Jika salah satu dari lima Negara pemilik hak veto mengatakan tidak, maka resolusi tidak ada satupun yang bakal jalan.

Kalau begitu, lebih baik PBB dibubarkan saja. Atau semua Negara lebih baik membubarkan diri dari PBB. Biarlah mereka yang memilik hak veto saja yang menjadi anggota penuh PBB!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s