Akibat Berbuat Maksiat (Pengantar)

 “Seorang mukmin jika berbuat sat dosa, maka ternodalah hatinya dengan senoktah warna hitam. Jika dia bertobat dan beristigfar, hatinya akan kembali putih bersih. Jika ditambah dengan dosa lain, noktah hitam itu pun bertambah hingga menutupi hatinya. Itulah karat yang disebut-sebut Allah dalam ayat, “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka.” (HR. Tarmidzi)

Perbuatan maksiat, dalam Al-Qur’an Allah swt berfirman: “Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Ku” (QS. Az-Zariyat: 56) Di sana Allah swt menegaskan kepada manusia, bahwa maksud dari penciptaan manusia dan jin adalah hanya untuk beribadah kepada Allah swt, lain tidak. Dalam rangka menunaikan tugas ibadah tersebut, manusia diperintahkan untuk taat da tunduk kepada semua perintah Allah swt, baik yang lansung Allah swt firmankan dalam Al-Qur’an, maupun yang disampaikan melalui sabda Rasulullah saw.

Oleh sebab itulah di dunia ini hanya terdapay 2 golongan manusia. Golongan pertama adalah mereka yang selalu taat pada segala perintah Allah swt dan sunnah Rasulullah saw. sedangkan golongan kedua adalah mereka yang ingkar kepada 2 hal tersebut. Perbuatan ingkar itulah yang disebut dengan maksiat, itu adalah dosa.

Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah mengatakan, bahwa orang-orang bodoh mengandalkan rahmat dan Ampunan Allah swt sehingga mereka mengabaikan perintah dan larangan-Nya serta lupa dengan azab-Nya yang pedih dan tak mungkin dicegah. Barangsiapa yang mengandalkan ampunan-Nya tetapi tetap berbuat dosa, dia sama dengan orang-orang yang membangkang.

Sumber: Al-Qur’an & Sunnah dan Akibat Berbuat Maksiat, Karya Ibnul Qayyim Al-Jauziah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s