Tentang Pendidikan Kita (Spesial Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2011)

“Potret penurunan kualitas pendidikan tidak lepas dari sejarah. Yakni, ketika bangsa Indonesia kehilangan momentum penting guna membangun dunia pendidikannya. Setelah merdeka, Indonesia sibuk dengan persoalan politik.”

(Prof. Komaruddin Hidayat)


Saya tidak tahu sebenarnya pendidikan di Negara kita ini nomor urut berapa dalam perhatian kita. tapi setidaknya, dari kenyataan sekarang kita dapat melihat dengan mata telanjang lalu memberikan penilaian bahwa sesungguhnya pendidikan di Indonesia saat ini masih menjadi urutan kesekian dari hal lainnya. Persis seperti apa yang dikatakan oleh Bapak Prof. Komaruddin Hidayat di atas.

Saya tidak peduli jika ada yang mengatakan penilaian saya sangat tidak benar. Bahkan akan lebih tidak benar lagi jika kita mengatakan sesuatu yang tidak terlihat pada kenyataannya. Karena kali ini kita tidak berbicara tentang sesuatu yang ghaib. Jika ada peningkatan tentu akan terasa keberadaannya. Semoga peningkatan yang terjadi bukanlah peningkatan yang ghaib.

Menurut kita apa tanda baiknya pendidikan?

Apakah lulusan sarjana yang tinggi?

Atau meningkatnya jumlah anak-anak masuk sekolah?

Bagi saya tanda baiknya pendidikan kita bukan di nilai dari dua hal di atas, melainkan “meningkatnya kecerdasan emosional para pelajar untuk menuntut ilmu secara sadar dan berubahnya pola pikir dan tingkah laku menjadi lebih baik.” Ini penting, sebab, jika para pelajar hanya menuntut ilmu jika di suruh, sampai kuilah pun juga begitu hanya sekedar untuk ikut-ikutan tentu dapat kita pastikan posisi penguasaan ilmu pada diri mereka tentu menjadi hilang. Sehingga dari sini kita dapat mengambil benang merah permasalahan kenapa banyaknya para lulusan yang tidak berkualitas. Hanya sekedar lulus saja. Kalau pun lulus dengan nilai tinggi, itupun hasil dari kerjaan menyontek.

Dan juga jika pendidikan hanya menghasilkan orang yang cerdas secara IQ saja tanpa tidak diiringi dengan perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, ini juga menandakan buruknya kualitas pendidikan kita. Berbicara pendidikan tidak hanya berbicara meningkatnya kualitas ilmu, tapi juga berubahnya tingkah laku kepada arah yang lebih baik. ini bukan hanya kesalahan seorang guru, tapi merupakan kesalahan kita semua yang belum sadar akan pentingnya mencontohkan keteladanan yang baik kepada generasi penerus yang ada di sekeliling kita.

Jika bertanya bobroknya moral generasi penerus. Maka berkaca saja pada diri kita masing-masing, apakah kita termasuk orang yang memberikan pengaruh kebaikan kepada lingkungan atau justru malah mejadi bagian, factor atau memang biang kerok dari perusakan moral, psikis dan kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita.

Mulai sekarang bagi kita yang mempunyai hati (kepedulian). Bagi kita yang mempunyai kemauan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Negara kita ini. Bagi yang belum tersadarkan, maka hari ini tersadarlah. Cara meningkat kualitas pendidikan di negeri ini adalah melalui diri kita sendiri. Ketika kita mampu mencontohkan yang baik, tentu para anak bangsa akan mengikuti contoh yang baik, karena itulah tabiat mereka, mencontoh apa yang ada disekitar mereka. Seperti yang dikatakan oleh Alm. Rosihan Anwar, Wartawan Tiga Zaman,

“Semua berawal dari keteladanan”

Tentang pendidikan kita kali ini. Jangan sampai kita menjadi orang yang termasuk ke dalam golongan  yang menyebabkan keburukan pendidikan di bangsa ini.

Semoga kedepannya kita semakin sadar betapa besarnya keteladanan yang baik dalam kemajuan bangsa ini…

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga pendidikan di Indonesia semakin berkualitas!

One thought on “Tentang Pendidikan Kita (Spesial Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2011)

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s