Menuju Indonesia Yang Madani

Jika disebutkan kata-kata “Madani” apa yang ada dalam pikiran anda? Ya, sebuah system kehidupan Rabbani yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Saya sedikit akan menggambarkan dan menjelaskan seperti apa itu “Indonesia Yang Madani”. Penjelasan ini saya anggap perlu karena ada sebagian orang yang memandang ekstrem ide ini, misalnya mereka mengatakan bahwa system Islam akan membatasi kreatifitasnya dan akan mengancam keberadaan kaum minoritas. Benarkah itu?🙂

Baik, saya akan memulai dengan ilustrasi. Pernahkan kita membayangkan rata-rata masyarakat Indonesia cerdas-cerdas, Generasi mudanya memiliki pengetahuan yang tinggi dan selalu berprestasi dalam segala bidang dan di tambah lagi kecil-kecil sudah punya karya? Islam ingin mewujudkan itu dan itulah “Indonesia Yang Madani”.

Pernahkah kita membayangkan masyarakat Indonesia hidup rukun dan damai, sejahtera adil dan makmur? Islam ingin mewujudkan itu dan itulah “Indonesia Yang Madani”.

Mungkin ada yang mengatakan itu tidak mungkin, karena sekarang saja sudah terjadi gesekkan antar agama. Ya saya maklumi pernyataan itu, tapi yang perlu kita ketahui adalah semua itu terjadi ulah tangan-tangan yang tak bertanggung jawab yang tidak menginginkan ketentraman. Dan Islam adalah Agama yang menyeru pada ketentraman dan hidup rukun. Kita bisa lihat pada isi PIAGAM MADINAH pada zaman Rasulullah saw. yang mana isi Piagam itu menyebutkan bahwa seluruh suku-suku yang ada di Madinah adalah bagian dari kesatuan umat. Namun isi Piagam Madinah itu dirusak sendiri oleh suku dari kelompok Yahudi sehingga terjadilah perperangan, padahal Islam telah membuka diri untuk bersatu dengan menyebut mereka sebagai sahabat bagi umat Islam.

Jadi sejatinya masyarakat yang Madani adalah masyarakat yang hidup di atas nilai-nilai luhur. Hidup di atas keilmuan dan membenci kebodohan. Hidup di atas pergaulan yang santun dan menbenci pergaulan yang menebar kebencian. Hidup di atas musyawarah dan membenci kesemena-menaan. Hidup di atas penghormatan harga diri dan membenci penginjakkan-ginjakkan harga diri. Hidup di atas keadilan dan membenci kezhaliman.

Itulah yang ingin kita terapkan pada bangsa ini, Indonesia Tercinta. Agar kehidupan yang kita jalani jauh lebih baik dari sebelum. Dan semoga apa yang kita lakukan dan perjuangkan demi kebaikan banyak orang di ridhoi oleh Allah swt. dan dikumpulkan dalam jannah-Nya kelak. Amiin.

Mari bersama-sama, saling berangkulan mewujudkan INDONESIA YANG MADANI.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s