Tujuh Pertanyaan Tentang Blog

Ketika rihlah ke toko buku Gramedia hari minggu kemaren,  gak sengaja ketemu dengan buku yang berjudul “BLOG WORDPRESS” yang ditulis oleh Jimmy Wahyudi Bharata dan Al Kalam, terbitan Alex Media Komputindo. kebetulan saya juga lagi suka-sukanya ngeblog di wordpress.com jadi gak ada salahnya membeli buku kecil ini untuk menambah pengetahuan tentang blog WordPress. dan kebetulan juga lagi discount besar-besar di Gramedia, hehehehe…

setelah saya baca bukunya, pada Bab 1 halaman tertulis judul “Tujuh Pertanyaan Tentang Blog.” Setelah saya baca, kayaknya saya harus mempublikasikan tulisan ini, karena masih banyak diantara kita yang belum tahu mengenai blog dan apa itu blog. bahkan teman-teman dekat saya saja yang punya blog bisa dihitung pake jari tangan. ya…semoga saja teman-teman saya yang belum punya blog dan untuk yang membaca tulisan ini kepincut bikin blog dan menyemarakkannya dengan tulisan-tulisan yang bermutu yang dapat berguna bagi orang banyak. hehehehe…

ini dia Tujuh Pertanyaa Tentang Blog

  • Apa sih blog itu?

Blog asal muasal katanya adalah web blog, berupa website di mana berisi tulisan yang diisi atau di-posting berdasarkan kronologi waktu.

  • Tulisannya bisa tentang apa saja?

Apa saja, mau tulisan tentang pribadi atau diary, keluarga, masakan, teman, atau tulisan ilmiah. Apa saja.

  • Saya dengar tulisannya bisa dikomentari ya?

betul, itulah kelebihannya. Tulisan kita dapat dikomentari oleh orang lain, dan dengan komentar-komentar itu, kita dapat belajar lebih banyak lagi tentang hal yang kita tulis.

  • Saya pernah mendengar blog foto, blog jenis apa lagi itu?

Sebenarnya ada beberapa jenis blog yang dapat kita buat. Blog yang tampilannya berupa artikel adalah blog seperti format surat kabar online. Ada juga blog yang mengkhususkan untuk foto, yaitu blog foto seperti yang Anda sebutkan. Yang lainnya:

– Artlog, berfokus pada art

– Sketchblog, berfokus pada sketsa

– Vlog, berfokus pada video

– MP3 blog, adalah blog kumpulan MP3

  • Susah ngga bikinya?

Sangat mudah. Kalau Anda sudah punya niat, ide dan konsep blog, dijamin dalam waktu kurang dari 1 menit blog sudah bisa dibuat.

  • Harus bayar ngga?

Blog wordpress 100% gratis, kecuali kalau domain dari blog yang dibuat dengan pilihan sendiri. Anda dapat membuat blog di wordpress dengan nama:

http://namaAnda.wordpress.com

jika menginginkan nama domain sendiri, misalnya:

http://namaAnda.com, tentu ada biaya tambahan untuk menyewa domain dan hosting tersebut.

  • Cara membuat blog gimana?

Buka browser internet (seperti sekarang), ketik http://wordpress.com, kemudian klik Sign Up. Isilah form tersebut, lengkapi dengan data Anda. Setelah Anda mengisinya dengan lengkap, saat itu juga Anda sudah dapat mengisi blog dengan konsep yang Anda buat sebelumnya.

Mungkin demikian, selamat menikmati. cara detail membuat blog silahkan beli bukunya atau cari saja referensinya melalui “Mbah Google”.

 

Sumber: Buku “BLOG WORDPRESS” tulisan Jimmy Wahudi Bharata dan Al kalam, diterbitkan oleh Ales Media Komputindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s