Mari Mengenal Tokoh Besar Islam: “JAMALUDDIN AL-AFGHANI”

Dialah tokoh yang menjadi inspirasi kebangkitan Islam. Pemikirannya untuk memodernisasi Islam agar lebih maju dan berkembang namun tetap dalam koridor Al-Qur’an dan Sunnah telah memberikan warna tersendiri bagi kehidupan sekarang. Kita bisa sebut Bapak Modernism Islam ini sebagai anugrah dari Allah swt, karena menjadi cikal bakal kebangkitan Islam saat ini.

Tempat kelahirannya masih menjadi bahan perdebatan. Namun disebagian sumber mengatakan Ustadz Al-Afghani dilahirkan Asadabad daerah provinsi kunar Afganistan. Selama hidupnya Ustadz Al-Afghani sering hidup berpindah tempat, dari satu tempat ke tempat yang lain. Dia pernah hidup dan menuntup ilmu di Irak. Lalu kemudian pindah ke India. Di sinilah pemikirannya untuk memodernisasi Islam dan menyatukan umat Islam muncul, berawal dari rasa ibanya terhadap penderitaraan rakyat India atas penindasan yang dilakukan imperialisme Inggris atas India.

Selain di India, Ustadz Al-Afghani juga pernah bermukim di Mesir, Iran dan Rusia bahkan Paris Prancis. Bahkan beliau pernah menjabat sebagai penasehat khusus dan ditawari sebagai pemuka agama oleh Shah Nasiruddin di Iran. Namun akhirnya beliau dideportasi selamanya dari Iran akibat kritikannya terhadap aturan yang berlaku di negara itu.

Ustadz Al-Afghani juga dikenal sebagai seorang penulis, karyanya yang terkenal adalah “Al-Radd ‘ala Al-Dahriyyin (Bantahan terhadap Kaum Imperialisme). Selain itu dirinya juga menjadi tokoh pertama yang memandang pentingnya jurnalisme bagi kebangkitan Islam. Sejak itu mulailah beliau aktif menerbitkan tulisan di media-media massa bahkan menerbitkannya sendiri.

Setelah sekian lama berjuang membangkitkan kembali Islam kepada kejayaannya seperti yang pernah dulu dicapai oleh Islam, akhirnya perjuangan Ustadz Al-Afghani berakhir pada tanggal 9 Maret 1897 dan dikubur di Istambul. Ketika Negara Afghanistan menyatakan bahwa sang Ustadz adalah warga negaranya, maka sisa-sisa jasadnya kemudian dipindahkan ke pemakam Universitas Istambulkota Kabul.

Meski sang Ustadz telah tiada, namun beliau telah mewarisi pemikiran yang sangat berharga bagi kita. Mungkin saja kita tidak akan mengenal pergerakan Islam saat ini jika beliau tida ada, namun Allah telah menggariskan hal ini untuk kita dan Allah punya cara lain untuk membangkitkan umat ini salah satunya dengan menganugerahkan pada dunia tokoh besar Islam seperti Ustadz Jamaluddin Al-Afghani.

Semoga kita semua bias meniru keteladanan dan semangat Ustadz Al-Afghani dalam memperjuangkan Islam. Dan semoga Allah menghimpun kita semua di dalam surganya kelak, Amiin..

Ya, Allah tempatkanlah Ustadz Al-Afghani di sisi mu yang terbaik. Dan janganlah Engkau biarkan negeri ini kering dari orang-orang seperti Al-Ustadz Sayyid Jamaluddin Muhammad ibn Safdar Al-Afghani. Amiin ya Rabb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s